Rahasia Seks Hebat: Pola Makan Sehat dan Olahraga


Seks adalah hal penting dalam hidup berumah tangga. Seringkali keharmonisan pasangan suami isteri ditentukan oleh hal ini. Ternyata, seks yang hebat bisa dihasilkan oleh pola makan sehat dan olahraga rutin. Karenanya gaya hidup sehat sangat penting.

Rahasia Seks Hebat: Pola Makan Sehat dan Olahraga


Dalam talkshow 'How Diet Can Improve Your Life' di Pondok Indah Mal Jakarta kemarin (3/5), Riyani Susanto ND, CT mengungkapkan pentingnya pola makan sehat dalam kehidupan seksual. Menurut pakar naturopathy ini, makanan yang tidak tepat berpengaruh pada hormon.

Salah satu hormon yang dimaksud adalah testosteron. Hormon ini lebih banyak terdapat pada laki-laki daripada perempuan. Selain dapat memelihara nafsu seks, testosteron juga penting bagi kesehatan. Namun, kadar hormon ini dapat berkurang seiring penuaan.

Pria berusia lebih dari 55 tahun biasanya mengalami ketidakseimbangan hormon, dimana testosteron turun sementara estrogen mendominasi. Akibatnya, hasrat dan fungsi seks menurun, penyakit jantung dan stroke menghampiri, serta terdapat peningkatan kadar lemak dalam tubuh. Padahal, seks yang berkualitas membutuhkan energi dan mood yang baik.

Di sinilah makanan memegang peranan penting. Menurut Riyani, mengonsumsi makanan yang mengandung zat seperti hormon dapat meningkatkan potensi seksual. 'Alkohol yang disebut-sebut dapat meningkatkan gairah seks sebenarnya bisa menurunkan performa,' jelasnya.

Pola makan tidak sehat harus dihindari untuk kehidupan seks yang lebih baik. “Terlalu sedikit atau terlalu banyak kalori, lemak makanan, dan lemak tubuh bisa mempengaruhi kehidupan cinta seseorang,” ujar Riyani. Lemak baik seperti dari ikan dan alpukat memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi bukan lemak dari minyak goreng.

Bagaimana cara mengurangi lemak dalam tubuh? “Ubah pola makan menjadi lebih sehat, misalnya dengan mengurangi makan gorengan. Hal ini dapat menurunkan kadar lemak visceral dalam tubuh, pemicu berbagai penyakit dan obesitas,” kata Riyani. Jangan gunakan cara instan seperti sedot lemak, karena metode ini hanya menghilangkan lemak subcutaneous yang terletak di bawah kulit.

Stres pun bisa memicu kegemukan. Biasanya, kalau sedang banyak pikiran, orang melarikan diri ke makanan manis. Padahal, dalam kondisi ini metabolisme tumbuh melambat. Akibatnya, lemak bertumpuk dan berat badan bertambah. Gairah seks pun menurun.

Riyani menyebutkan 5 dosa putih yang harus dihindari agar tubuh tetap sehat. “Sebisa mungkin, kurangi konsumsi tepung terigu, garam, gula, lemak, dan produk susu,” jelas Riyani. Wanita ini juga menyarankan agar waspada terhadap jus dan roti yang selama ini dianggap sehat.

“Hindari jus anggur, melon, dan semangka karena kadar gulanya tinggi,” sebut Riyani. “Hati-hati pula terhadap roti karena mengandung 'dosa putih' tadi. Apalagi, biasanya makan roti tak cukup satu potong karena ringan, sehingga bisa jadi lebih berbahaya dibanding nasi,” tambahnya.

Pola makan sehat ini harus didampingi dengan olahraga rutin sejam sehari. Setengah jam atau 45 menit latihan kardio, sisanya diisi dengan latihan membangun otot. Namun, jangan terlalu bernafsu ngegym karena menginginkan badan bagus. Pasalnya, olahraga berlebihan bisa bikin hormon testosteron (pria) dan estrogen (wanita) turun.

“Dengan menghindari stres, menerapkan pola makan sehat, dan teratur berolahraga, konflik rumah tangga bisa dihindari. Seks bisa membuat seseorang terbebas dari penyakit, aktif secara fisik, dan menikmati hidup. Namun, kita harus mengubah pola pikir terlebih dahulu sebelum mengubah pola hidup,” tutup Riyani.
http://food.detik.com/read/2012/05/04/141315/1909256/294/rahasia-seks-hebat-pola-makan-sehat-dan-olahraga

{ 0 comments... read them below if any or add comment }

Posting Komentar

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot