5 Tradisi Unik Saat Imlek


Sebenarnya apa saja ya tradisi-tradisi unik yang biasa dilakukan untuk merayakan imlek? Berikut beberapa tradisi unik saat meryakan imlek. Check this out!


1. Makan Ikan Bandeng
Ikan bandeng adalah salah satu makanan yang wajib ada saat hari raya imlek, tak heran harga ikan bandeng menjadi naik saat mendekat hari raya imlek ini. Ikan bandeng ini merupakan simbol kebahagiaan dan keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa. Ikan yang dihidangkan tidak boleh dibalik. Jadi, kalau bagian atasnya sudah habis tidak boleh mengambil daging di sisi lainnya dengan membalik ikan. Menurut tradisi, ikan juga tidak boleh dihabiskan sekaligus pada hari itu, melainkan disisakan untuk keesokan harinya. Tradisi ini melambangkan nilai tambah untuk tahun berikutnya.

2. Bagi-bagi Angpao
Tentu sobat seru sudah tak asing lagi mendengar kata angpao? Istilah ang pao sendiri berasal dari bahasa Hokkian yang berart ang (merah) dan pao (bingkisan/amplop). Biasanya, angpao yang diberikan berwarna merah sebabwarna merah dianggap sebagai simbol kebaikan dan kesejahteraan.

3. Barongsai atau Liong Naga
Barongsai atau juga sering disebut liong naga, merupakan tarian khas China yang berasal dari masa Dinasti Chin – sekitar abad ke tiga sebelum masehi. Menurut tradisi Tionghoa, barongsai juga dipercaya dapat menolak bala dan melimpahkan rejeki.

4. Membersihkan Rumah
Sehari sebelum perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa akan berbondong-bondong membersihkan rumah. Tradisi ini dilakukan sebagai simbol buang sial dan membuka keberuntungan.

5. Dilarang Makan Bubur
Saat perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa dilarang makan bubur. Karena menurut tradisi, bubur adalah simbol kemelaratan atau kemiskinan.

http://makinseru.com/5-kebiasaan-sepele-yang-membuat-bahagia/

{ 0 comments... read them below if any or add comment }

Posting Komentar

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot