Cara Membersihkan Laptop dan Netbook?


Laptop dan Netbook, sekarang ini sudah bukan lagi menjadi barang mewah. Sama seperti halnya sebuah ponsel atau smartphone, laptop dan netbook pun telah menjadi kebutuhan pokok yang wajib dimiliki, terutama oleh mereka yang berprofesi sebagai pegawai, guru, mahasiswa ataupun murid sekolah.

Membersihkan laptop secara teratur memang wajib dilakukan, ini tentunya biar sang laptop atau netbook bisa awet dan laptop tidak cepat rusak. Perawatan kecil terhadap laptop bisa dilakukan setiap hari sehabis menggunakan laptop tersebut. Membersihkan laptop pada bagian layar LCD, keyboard sampai TouchPad bisa dilakukan setelah kita selesai menggunakan Laptop tersebut, sambil nonton filem, movie ataupun dengerin musik di laptop, kenapa tak sekalian kita membersihkan laptop dari debu-debu, kotoran, bekas tangan yang menempel pada keyboard, touchpad, cassing ataupun layar laptop. Bersihkanlah bagian-bagian tersebut menggunakan kain halus berbahan katun ataupun kain halus yang biasa dipakai untuk membersihkan kacamata. Hindari membersihkan laptop menggunakan tissue ataupun kain seperti handuk, karena biasanya bahan seperti ini justru akan meninggalkan bekas di laptop.

Hal lain yang perlu diperhatikan dan memerlukan perawatan dan harus dibersihkan secara teratur adalah colokan (seperti port USB) ini berguna agar port tersebut tetap bersih sehingga transfer data bisa berjalan lancar. Ventilasi Laptop juga harus dibersihkan dari debu-debu yang menempel. Satu hal yang paling adalah membersihkan debu dan kotoran yang menempel di kipas laptop. Kipas ini biasanya ada di bawah cassing, kalau Anda memang familiar dan bisa membuka bagian bawah laptop, sebaiknya bersihkan kipas tersebut. Kipas yang kotor, penuh debu akan sangat mengganggu putaran dari kipas, dan bisa berakibat kepada meningkatnya suhu prosesor atau hardware lainnya, alhasil jangan heran jika kemudian laptop Anda menjadi cepat panas dan ujung-ujing sering hang kepanasan, hanya karena kipas tidak bekerja dengan maksimal.

{ 0 comments... read them below if any or add comment }

Posting Komentar

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot